Lakukan 5 Langkah Ini Saat Flashdisk Kamu Terkena Air

Cara Merawat Flashdisk, Cara memperbaiki Flashdisk, Tindakan Pertama pada Flashdisk yang Terkena air, Flashdisk murah

Apaiya.com - Lakukan 5 Langkah Ini Saat Flashdisk Kamu Terkena Air - Seiring semakin bertambah banyaknya para pengguna komputer di indonesia bahkan di dunia pada era internet sekarang ini, pastinya akan berbanding lurus dengan kebutuhan perangkat pendukung yang digunakan. Namun sangat disayangkan, sebab tingkat kesadaran atau pengetahuan masyarakat tentang bagaimana perawatan yang baik dan benar terhadap perangkat yang mereka gunakan masih sangat minim, misalnya saja saat flashdisk sebagai media penyimpan data tanpa sengaja terkena air. Ternyata tidak sedikit masyarakat yang bingung  dengan langkah apa yang harus dilakukan agar flashdisk tersebut tidak rusak dan masih bisa digunakan lagi.  Kali ini apaiya.com, akan berbagi tips tentang cara mengatasi flashdisk yang terkena air, agar bisa di gunakan lagi. 

1.  Stop, Jangan colokan flashdisk ke port USB

Langkah pertama yang harus dihindari saat flashdisk anda terkena air yakni, janganlah sekali-kali memasukkan atau menghubungkan flashdisk yang masih basah dengan laptop/komputer Kamu, terlebih saat laptop masih dalam keadaan menyala, ini sangat berbahaya jika dialkukan,karena flashdisk yang masih basah bisa menyebabkan korsleting arus listrik.

2. Lepaskan pelindung body flashdisk 

Usahakan untuk melepas pelindung body flashdisk Kamu yang terkena air tadi,  Namun bila Kamu mengalami kesulitan untuk membukanya, janganlah dipaksakan sebab dikhawatirkan terjadi kerusakan lain pada flashdisk disaat pembongkaran.

3.  Letakkan Flashdisk dibawah terik matahari

Sesudah Kamu berhasil membuka body pelindung flashdisk(bila bisa dibuka lho ya?), Kamu  harus segera menjemur flashdisk tersebut dibawah terik matahari, namun perlu diperhatikan waktu penjemuran jangan terlalu lama, untuk menghindari rusaknya IC dari flashdisk tersebut, 

4.  Atur Posisi flashdisk ketika dijemur

Saat Kamu menjemur flashdisk di bawah sinar matahari langsung, selain lama waktu penjemura, hal lain yang musti diperhatikan adalah posisi flashdisk saat penjemuran, aturlah supaya bagian port flashdisk yang dijemur menghadap kebawah, maksud dari pengaturan posisi ini adalah agar sisa-sisa air yang ada didalam flashdisk bisa mengalir keluar semua.

5.  Pasangkan kembali body pelindung flashdisk

Tindakan terakhir yang harus dilakukan setelah melakukan pengeringan flashdisk adalah memasang kembali semua body pelindung flashdisk yang telah Kamu buka tadi (bila Kamu berhasil membuka body pelindung flashdisk lho ya... hehe)

Bila kelima cara diatas telah Kamu diselesaikan, maka flashdisk Kamu sudah bisa kembali digunakan dengan aman, cukup mudah bukan?  Silahkan masukkan flashdisk Kamu kedalam port usb yang tersedia untuk mengeceknya. Itulah sedikit tips tentang cara mengatasi flashdisk yang terkena air, agar bisa digunakan kembali. Semoga saja dapat membawa manfaat.

3 Responses to "Lakukan 5 Langkah Ini Saat Flashdisk Kamu Terkena Air"