4 Cara Mengurangi Resiko Serangan Penjahat Online

4 Cara Mengurangi Resiko Serangan Penjahat Online
           
Apaiya.com - Tentu saja, Anda sebagai pengguna internet tidak mau menjadi sasaran para cybercriminal kan? Oleh sebab itu, sebaiknya lebih bijak dan mewaspadai setiap hal yang berpotensi menjadi celah yang dapat digunakan oleh para penjahat dunia maya.

Dalam sebuah penyelidikan dan penelitian yang dilakukan salah satu operator telekomunikasi terkenal dari Amerika Serikat, Verizon, mengatakan bahwa, tindakan peretasan dan pembobolan account berawal dari lemahnya password serta kecerobohan sang pemilik sendiri.

Dalam laporan itu, yang dikutip oleh WSJ (21/02), meskipun serangan cyber sekarang ini semakin canggih dan seperti terorganisir dengan baik, tetapi ada kalanya serangan tersebut justru hanya dilakukan dengan cara memanfaatkan celah keamanan yang paling sederhana.

Oleh sebab itu, dua orang pakar keamanan jaringan dan internet yaitu Chief Security Officer Blue Coat Hugh Thompson dan CEO Backblaze Gleb Budman, menyarankan 5 langkah praktis dan mudah untuk menghindari serangan para cybercriminal itu. Atau setidak-tidaknya meminimalisir serangan.

1. Gunakan jawaban yang random

Biasanya, sebelum memiliki sebuah account, pemilik layanan selalu menyodorkan beberapa pertanyaan penting yang dapat dijawab dan disetorkan oleh calon pengguna secara online.

Apabila layanan bukan dari perusahaan yang kredibilitasnya telah terbukti, maka sangat disarankan untuk tidak menjawab setiap pertanyaan tersebut dengan jawaban yang benar.

2. Bijak dalam sharing sesuatu di internet

Untuk saat sekarang, para cybercriminal dalam beroperasi semakin pintar dan canggih. Pakar-pakar keamanan mengatakan bahwa aksi mereka sangat rapi dengan hanya melihat dan mengenkripsi postingan atau juga apa yang dishare oleh seseorang di internet.

Oleh karenanya, sangat disarankan untuk lebih bijak dan waspada apabila akan sharing sesuatu di internet.

3. Gunakan password berbeda untuk setiap account

Penerapan password berbeda untuk setiap account ini berfungsi untuk mempersulit para cybercriminal dalam melakukan aksinya. Kadang kala hal ini  akan menjadi satu hal yang sangat ribet dan terkadang lupa untuk mengingat password setiap account yang kita miliki.

Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan account yang biasa digunakan setiap hari namun tak dimengerti oleh orang lain.

4. Waspadai link yang tidak jelas asal-usulnya

Tak jarang di sebuah forum, baik blog bahkan di jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, terdapat banyak link yang akan membawa siap saja yang meng-klik-nya ke laman lainnya.

Akan tetapi, metode ini juga merupakan salah satu langkah yang dilakukan para cybercriminal dalam melakukan aksinya.  Untuk itu disarankan untuk tidak terjebak dan menekan setiap link yang tidak diketahui kejelasannya.

0 Response to "4 Cara Mengurangi Resiko Serangan Penjahat Online"