Cara Sederhana Merawat Laptop agar Awet

Cara Sederhana Merawat Laptop agar Awet

Apaiya? - Cara merawat laptop memang sangat penting untuk diketahui. Laptop adalah salah satu mahakarya kecanggihan teknologi yang begitu berguna bagi umat manusia. Sangat banyak orang yang tertarik untuk memiliki laptop. Walaupun harganya masih terhitung lumayan mahal, tapi tetap saja dibeli karena memang akan sangat membantu terutama para pekerja kantora, seperti untuk memenuhi kebutuhan mengetik, menghitung, mengedit gambar atau foto dan berbagai pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan teknologi yang ada. Untuk itu untuk menjaga keawetan agar tetap baik, kita perlu tahu cara merawatnya.

Tidak sedikit pengguna yang kurang peduli terhadap kondisi laptop yang mereka pakai. Kebanyakan dari pengguna hanya tahu menggunakannya saja tanpa pernah mau memikirkan bagaimana caranya agar laptop mereka bisa tetap awet dan tidak cepat rusak. Ketika pemakaian pun masih banyak yang cenderung asal pakai saja. Walau sebenarnya ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan baik itu pada saat dipakai maupun pada saat laptop sedang tidak dipakai lagi.

Merawat laptop tidaklah serumit yang banyak bayangkan oleh kita. Meski Anda tidak memiliki background mengenai teknologi, percayalah Anda pun bisa merawat laptop Anda. Hanya dibutuhkan  tindakan-tindakan  sederhana saja yang perlu anda lakukan dalam merawat laptop kesayangan milik Anda. Seperti apakah itu? yuk langsung kita simak saja:

1.  Buang saja software yang tidak berguna

Dalam sebuah sistem operasi, mengInstal program atau software memang diperlukan untuk menjalankan suatu aktifitas tertentu. Ada dapat menjumpai berbagai macam jenis software yang ada pada saat ini. Sebaiknya hindari menginstal begitu banyak program yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Jadi, lebih baik anda buang / uninstall saja program yang tidak pernah digunakan atau sangat jarang anda gunakan.

2.  Jangan sampai laptop anda terkena tumpahan benda cair

Sebuah alat elektronik, apapun itu biasanya akan mengalami kerusakan ketika terkena benda cair. Benda cair sangat beragam. Misalnya saja laptop anda terkena tumpahan air mineral. Jika hal ini sampai terjadi, maka laptop anda akan mengalami kerusakan. Jadi, hindari menaruh benda cair disekitar laptop anda yang berpotensi bisa tumpah dan mengenai laptop anda.

3.  Kipas pendingin tambahan atau sering disebut cooling pad

Mungkin anda pernah mendengar istilah cooling pad bukan? bagi para pengguna laptop, mungkin sudah seharusnya anda harus tahu dan lebih baik anda harus punya yang namanya cooling pad. Cooling pad adalah sebuah alat atau kipas pendingin yang digunakan untuk mendinginkan suhu laptop anda. Biasanya laptop diletakkan diatas cooling pad ini ketika dipakai. 

Meskipun didalam laptop sudah ada sistem pendinginannya secara default, namun adanya cooling pad ini jangan anda sepelekan. Jika sampai komponen-komponen dalam laptop anda kepanasan akibat suhu yang terlampau panas, maka bisa jadi laptop anda akan mengalami kerusakan. Apalagi jika suhu diruangan sedang panas, maka cooling pad ini sangat berguna untuk mengatur sirkulasi udara dalam laptop dan mendinginkan komponen dala laptop anda. Dengan begitu, laptop anda akan terhindar dari kepanasan dan kerusakan.

4. Menaruh beban diatas laptop

Mungkin masih ada yang sering melakukan hal ini. Meletekkan sebuah benda diatas laptop. Apalagi jika benda tersebut berat, hati-hatilah, karena jika sampai hal ini terjadi pada laptop anda, maka akan berpotensi merusak laptop anda.

Biasanya ketika laptop sedang tidak dipakai dan dalam kondisi tertutup, orang secara tidak sengaja atau tidak sengaja seringkali meletakkan benda diatas laptop miliknya. Meletakkan tumpukan buku misalnya. Padahal, hal ini akan dapat merusak LCD laptop anda. LCD laptop anda akan bisa mati total karena hal ini. Jadi, usahakanlah jangan menaruh benda diatas laptop anda jika anda ingin laptop anda benar-benar awet.

5. Kasur

Ada apa dengan kasur? mungkin anda seringkali melihat orang yang dengan asyiknya bermain dengan laptopnya sambil santai diatas kasur mereka. Padahal, hal ini akan sangat membahayakan laptop anda. Bukan hanya kasur, tetapi semua benda yang lembut bisa berpotensi membahayakan laptop anda.

Alasannya cukup logis, ketika laptop dalam keadaan menyala dan diletakkan diatas kasur yang empuk, maka hawa panas yang terus dikeluarkan dari laptop pada saat dipakai akan terserap oleh kasur yang ada dibawahnya. 

Karena apa? karena kasur memang bersifat menyerap bukan membuang hawa panas dari laptop anda. Padahal, laptop anda sangat membutuhkan sirkulasi udara yang bagus ketika sedang menyala untuk membuang hawa panas. Jadi intinya, jangan sampai anda membiasakan diri menggunakan laptop diatas kasur ataupun bahan-bahan lain yang sejenisnya jika anda ingin laptop anda awet.

6. Menaruh handphone didekat laptop?

Idealnya, menaruh semua barang yang mengandung getaran elektromagnetik semacam handphone didekat laptop sangat tidak disarankan. Selain handphone ini diantaranya, mesin, pengeras suar, loudspeaker dan berbagai macam alat yang menimbulkan getaran yang lainnya. Jangan sampai ditaruh didekat laptop jika anda ingin laptop anda awet.

7. Meletakkan laptop di permukaan yang miring 

Salah satu kemungkinan yang bisa saja terjadi pada laptop anda, yaitu menaruh laptop pada saat menyala diatas permukaan yang "tidak datar" alias miring. Jika sampai hal ini terjadi, maka laptop anda akan berpotensi mengalami kerusakan.

Pada saat laptop anda menyala, maka piringan hardisk akan terus berputar. Jadi, pada saat anda membuka berbagai data atau aplikasi, piringan hardisk ini akan berputar. Nah, ketika anda menaruh laptop anda pada permukaan yang tidak datar, maka akan terjadi kemungkinan head menggores piringan hardisk laptop anda. 

Apa akibatnya jika sampai hal ini terjadi? akibatnya adalah akan terjadi bad sector pada hardisk laptop anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan hardisk anda akan mengalami kerusakan total. Anda mau hardisk anda rusak? jika anda tidak menginginkannya, maka letakkan laptop anda pada permukaan yang datar pada saat laptop anda sedang menyala.

8. Memindahkan laptop pada saat sedang menyala

Apakah anda pernah memindah-mindahkan laptop anda ketika kondisi laptop anda sedang menyala? jika anda ingin laptop anda terhindar dari kerusakan, maka sangat disarankan untuk "TIDAK" melakukan hal ini. Hampir sama dengan meletakkan laptop pada permukaan yang tidak datar diatas, piringan hardisk laptop anda bisa tergores oleh head nya ketika anda memindah laptop anda pada saat sedang menyala. Jika ingin mengangkat atau memindahkan laptop, sebaiknya anda matikan dahulu laptop anda, agar senantiasa aman dari kerusakan.

9. Membersihkan debu yang menempel pada laptop

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Sebuah ungkapan yang menggambarkan betapa pentingnya kebersihan dalam hidup kita. Begitu juga dengan laptop anda, jika anda ingin laptop anda awet, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah senantiasa memperhatikan kebersihan laptop. 

Salah satu bagian yang patut anda perhatikan adalah pada bagian saluran pembuangan udara pada laptop anda. Karena apa, jika sampai debu tebal menyumbat saluran pembuangan udara ini, maka sirkulasi udara pembuangan panas pada laptop anda akan tertutup. Jika hal ini sampai terjadi, maka laptop anda bisa mengalami panas yang berlebihan. Jika anda ingin terhindar dari hal ini, maka anda harus rajin dan rutin dalam membersihkan debu yang menempel pada laptop anda. Bersihkan laptop anda secara menyeluruh pada semua bagian. Selain awet, laptop yang bersih juga akan sedap dipandang dan menggambarkan kepribadian anda yang bersih.

10. Jangan melepas baterai laptop anda

Perkembangan laptop sudah sedemikian pesatnya. Jadi, ketika anda memakai laptop sambil dicharge pun tidak akan ada masalah. Karena laptop keluaran sekarang sudah canggih. Mungkin ada yang beranggapan bahwa ketika laptop dicharge sambil dipakai, maka bisa mengakibatkan baterai mengalami pengembungan / mengembung. Jika laptop anda adalah laptop jadul yang diproduksi pada tahun 2005 kebawah, hal ini mungkin saja benar adanya. Tetapi laptop yang diproduksi diatas tahun 2005 sudah berbeda dan tidak masalah jika dicharge sambil dipakai.

Mungkin ada yang sering melepas baterai laptop ketika memakai listrik. Padahal hal ini justru sangat membahayakan laptop anda. Bayangkan saja, ketika laptop anda dipakai dalam kondisi lepas baterai dan memakai daya listrik / DC, dan tiba-tiba saja terjadi mati lampu, maka laptop anda pun akan mati secara tiba-tiba. Jika hal ini sampai terjadi, maka komponen-komponen dalam laptop anda akan terkena akibat buruk dari hal ini.

Sangat disarankan tetap memasang baterai walaupun sedang dipakai menggunakan daya listrik. Hal ini penting untuk anda ketahui dan anda perhatikan, karena jika sewaktu-waktu terjadi mati lampu, maka baterai anda akan dapat berguna untuk menahan daya dan menggantikan daya listrik yang mati tersebut, sehingga laptop anda tetap aman menyala. 

11. Menginstall antivirus

Mungkin hal ini sedikit berseberangan dengan kondisi fisik laptop anda dan lebih cenderung kepada keamanan sistem operasi yang terinstall di laptop anda. Antivirus memang sangat penting untuk menjaga keamanan dari kemungkinan terserangnya sistem operasi pada laptop anda oleh virus. Nah, salah satu antivirus yang berbasis lokal indonesia adalah smadav. Antivirus ini sangatlah ringan namun sangat ampuh dan recommended. Sudah banyak yang menggunakannya. Untuk lebih amannya anda juga bisa memadukannya dengan antivirus internasional agar benar-benar aman dari serangan virus. 

Itulah sedikit tips bagaimana cara merawat laptop yang benar tersebut. Sayangilah laptop anda dengan cara merawatnya dengan sepenuh hati. Jika perawatan yang anda berikan sudah benar dan maksimal, maka laptop anda akan mempunyai usia pakai yang lama dan awet sekaligus terhindar dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Sederhana Merawat Laptop agar Awet"